ELABORASI PEMAHAMAN- MENERAPKAN PRINSIP BUDAYA POSITIF #gurupenggerak
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
TUJUAN PEMBELAJARAN
- ·
CGP mengambil pembelajaran dari tantangan yang dihadapi dalam
menerapkan budaya positif di sekolahnya.
- ·
CGP melakukan refleksi dan mengadakan metakognisi terhadap aplikasi
programprogram yang telah direncanakan
Hasil
setelah mempelajari modul 1.4 dapat saya elaborasikan sebagai berikut:
1.
Materi apa saja yang Anda sangat pahami dari modul ini?
Materi yang sudah saya pahami dalam modul 1.4 ini adalah membangun
budaya positif di sekolah dan langkah-langkah mengadakan kesepakatan kelas
untuk membangun budaya positif.
2.
Materi mana yang masih membingungkan bagi Anda?
Keseluruhan materi dapat dipahami dengan adanya diskusi bersama
fasilitator dan rekan CGP.
3.
Perubahan apa yang dirasakan Bapak/Ibu dan juga murid selama
mempraktikkan budaya positif sekolah?
Perubahan yang saya rasakan adalah komitmen dari teman-teman guru
untuk memberikan keteladanan sikap untuk dicontoh kepada anak didiknya. Selain
itu adanya perubahan mind set pendidik, yaitu tidak menakut-nakuti murid dengan
memberikan hukuman jika melakukan kesalahan, dan tidak membudayakan pemberian
hadiah sebagai bujuk rayuan untuk mengikuti instruksi, namun lebih kepada
kesepakatan murid mengerjakan tanggung jawabnya berdasarkan kesadaran individu.
4.
Adakah kesulitan ketika mencoba membangun budaya positif di kelas?
Jika ada, apa saja kesulitannya?
Kesulitannya ada, yaitu ketika mengubah mindset diri sendiri untuk
membiasakan mengubah pola instruksi menjadi kesepakatan. Kemudian menyatukan
visi seluruh komponen di sekolah memerlukan waktu yang tidak serta merta
berhasil
5.
Tantangan apa saja yang dialami ketika menerapkan Budaya Positif di
kelas?
Tantangan utama adalah membuat murid berani menyatakan ide dan
harapannya. Kemudian mendisiplinkan anak untuk tidak melanggar kesepakatan
tanpa memberikan hukuman dan menyadarkannya dengan bahasa yang tepat.
6.
Strategi baru apa saja yang dapat dilakukan untuk menerapkan budaya
positif di sekolah Anda dengan memanfaatkan berbagai sumber yang dimiliki?
Strategi yang dapat dilakukan mengikuti alur BAGJA berdasarkan
pendekatan inkuiri apresiatif. Mengumpulkan hal baik yang telah dimiliki di
sekolah, mencatat peta kekuatan, kemudian mencari solusi terhadap kelemahan
dengan melibatkan seluruh komponen sekolah secara kolaboratif.
ANALISIS KASUS DISKUSI BERSAMA CGP

- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar